Terbukti Terima Suap dari OC Kaligis, Hakim Ini Hanya Dibui 2 Tahun

0
loading...

TERASBINTANG.com – Hakim PTUN Medan, Sumut, Dermawan Ginting, terbukti menerima suap dari  OC Kaligis sebesar USD 5 ribu dari OC Kaligis.

Atas perbuatannya itu Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi hanya menghukum Dermawan dengan 2 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsidair 2 bulan kurungan.

“Menyatakan terdakwa Dermawan Ginting terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi,” kata Hakim Ketua Tito Suhud membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor Jl Bungur Besar, Jakpus, Rabu (20/1/2016).

Dalam persidangan, Darmawan juga sudah mengakui perbuatannya itu. Tak hanya itu, Darmawan juga sudah menyesali perbuatan tercela tersebut. Pengakuan itu membuat Majelis Hakim memberikan putusan ringan, di samping karena uang pemberian OC Kaligis masih utuh tersimpan.

“Maka pembelaan terdakwa dan kuasa hukumnya telah dipertimbangkan,” ujar Hakim Tito.

Dermawan terbukti melakukan tindak pidana korupsi yang ancaman pidananya diatur dalam Pasal 12 huruf c Undang-Undang No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHPidana. (SUM)

loading...