Terharu! Tarif Listrik Turun, PLN Masih Berencana Gratiskan Biaya Penambahan Daya Listrik

0
loading...

TERASBINTANG.com – Tahun baru 2016, pemerintah banyak melakukan terobosan untuk rakyat kecil. Salah satunya adalah penurunan harga BBM dan tarif listrik. Tak cukup di sini. Pemerintah melalui PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana membebaskan biaya untuk peningkatan atau penambahan daya.

Menurut Kepala Divisi Niaga Perusahaan Listrik Negara (PLN), Benny Marbun, saat ini biaya yang dikenakan untuk menambah daya listrik dari 450 volt ampere (VA) ke 1.300 VA sebesar Rp 797.000, ditambah dengan biaya materai Rp 6.000.

Sementara untuk menambah daya dari 900 VA ke 1.300 VA dikenakan biaya sebesar Rp 375.000 plus biaya materai Rp 6.000. “Selama ini kan bayar, nggak gratis. Kita lagi proses untuk digratiskan,” ujarnya, Selasa (5/1).

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya tengah memproses kebijakan pembebasan biaya untuk menambah daya listrik.

Rencananya, pembahasan tersebut akan selesai dalam waktu dekat dan akan diumumkan bulan ini.

“Tidak lama lagi, bulan ini mudah-mudahan keluar,” katanya.

Berdasarkan informasi dari PLN, untuk pendaftaran, prosesnya bisa dilakukan melalui website resmi PT PLN (Persero) atau pun melalui call center 123.

Ada pun persyaratan administrasinya adalah seperti berikut:

  • 2 lembar fotokopi KTP pemilik rumah
  • 2 lembar materei Rp 6.000
  • Surat kuasa bila diwakilkan bermaterai
  • 2 lembar fotokopi KTP yang dikuasakan, dan
  • Bukti rekening terakhir.

Proses minimal 5 hari dari pembayaran. Penambahan jaringan listrik tambah 15 hari, dan penambahan gardu waktunya minimal 40 hari. (wp)

loading...