Terinspirasi Teman Ahok, Mahfud MD Gagas Jogja Independent

0

TERASBINTANG.com – Sejumlah tokoh di Yogyakarta mendirikan Jogja Independent (Joint) sebagai alternatif bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi di Pilwalkot Yogya melalui jalur non partai untuk menyongsong pemilihan wali kota 2017.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md mengaku ikut menggagas pembentukan Jogja Independent  yang dideklarasikan pada Minggu, 20 Maret 2015 lalu.

Joint didukung oleh sejumlah tokoh antara lain, mantan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Prof Dr Edy Suandi Hamid, mantan Ketua KPK Busyro Muqoddas, mantan Wali Kota Yogyakarta, Herry Zudianto, pakar ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr Rimawan Pradiptya serta para seniman/budayawan, mantan politikus, aktivis dan lain-lain.

“Jogja Independent ini terinspirasi dari Teman Ahok,” kata Mahfud, Senin (28/3/2016).

Teman Ahok adalah sekumpulan anak muda yang menggalang dukungan untuk Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) agar maju Pilgub Jakarta melalui jalur independen.

Sementara salah satu anggota Joint, Edy Suandi Hamid mengatakan saat ini pihaknya telah menjaring sejumlah nama untuk dimunculkan sebagai calon Wali Kota Yogyakarta.

“Sampai saat ini, Joint masih menjaring nama-nama. Dari nama-nama tersebut nantinya akan dimunculkan sebagai calon Walikota Yogyakarta yang akan maju dari jalur independen dalam pilkada 2017 mendatang,” kata Edy Suandi Hamid kepada wartawan di sekretariat Jl Tirtodipuran, Yogyakarta, Minggu (27/3/2016) kemarin. (Rs)

KOMENTAR