Terkait Kasus Novel Baswedan, Refly Harun: Proses Hukum Harus Berlanjut Sampai Ke Pengadilan  

0

TERASBINTANG.com – Pengamat dan Pakar Hukum, Refly Harun menyampaikan bahwa proses hukum kasus Novel Baswedan, Bambang Widjojanto, dan Abraham Samad semestinya dilanjutkan sampai ke pengadilan jika mengacu kepada aturan-aturan hukum yang ada.

“Kalau kita mengacu pada hukum formal, semestinya kasus tersebut dilanjutkan sampai ke pengadilan, pengadilan nanti yang akan memutuskan itu benar atau salah” kata Refly Harun kepada terasbintang, Jum’at (19/2/2016).

Pada kesempatan yang berbeda, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menegaskan bahwa Kepastian hukum itu hanya bisa diberikan lewat putusan pengadilan.

“Sekarang dari tanggung jawab polisi kan tidak mungkin sampai ke pengadilan. Ada urusan sampai ke penuntutan dan penuntutan silakan ke jaksa, nah kita serahkan ke jaksa. Jaksa memiliki pilihan mau dilanjutkan ke pengadilan sesuai prosedur atau SKPP (Surat Keputusan Penghentian Penuntutan) atau diponeering, semua ada persyaratan yang harus dipenuhi, sepanjang dipenuhi syarat ya sah-sah saja sesuai kewenangan,” kata Kapolri kepada wartawan di Mabes Polri, Jumat (19/2/2016).

Jadi, kata Badrodin, Polri berharap semua kasus yang ditangani penyidik sampai ke pengadilan, tidak dihentikan di tengah jalan.

“Jadi begini. Kalau berkaitan dengan penyidikan yang dilakukan Polri, dalam perspektif penyidikan, Polri pasti mengharapkan seluruh kasus yang diproses oleh penyidik Polri sampai ke pengadilan. Kenapa? Supaya ada kepastian hukum,” ujar Badrodin. (Rs)

KOMENTAR

loading...