Ternyata 5 Selebriti Indonesia Ini Keturunan Pahlawan

0
loading...

TERASBINTANG.com — Tidak diduga sebelumnya, ternyata banyak selebriti Indonesia yang merupakan keturunan tokoh-tokoh nasional. Mereka dihormati karena jasa dan dedikasinya yang tinggi kepada Indonesia.

Meski keturunan para pahlawan tidak semua menjadi pahlawan, namun semangat juang dan hati yang lapang itu masih mengalir. Mereka menyimpan kegigihan dan empati terhadap sesama. Berdasarkan penelusuran, didapati lima selebriti Indonesia yang ternyata keturunan dari figur pahlawan. Di antaranya ialah:

1. Dian Sastrowardoyo
Siapa yang tidak tahu film “Ada Apa Dengan Cinta?” Ternyata si “Cinta” yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo ini merupakan salah satu cucu tokoh pergerakan nasional Profesor Soenario Sastrowardojo. Beliau selain sempat jadi pengurus Indische Vereeniging atau Perhimpunan Indonesia di Belanda, juga jadi anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP), hingga menjadi Menteri Luar Negeri (Menlu) RI periode 1957-1959.

2. Dewi Yull
Penyanyi legendaris yang punya nama lahir Raden Ayu Dewi Pujiati ini, ternyata cucu dari Raden Mas (RM) Tirto Adhi Soerjo. Di masa lalu, RM Tirto Adhi Soerjo ini banyak dikenal sebagai “Bapak Pers Indonesia” yang mendirikan surat kabar Medan Prijaji. Sejak mendirikan media itu pada 1907, RM Tirto mempergunakannya sebagai “senjata” perlawanan kolonial Belanda dalam bentuk propaganda maupun pendapat umum.

3. Setiawan Djodi
Ia adalah eniman dan pengusaha, bernama lengkap KPH Salahuddin Setiawan Djodi Nur Hadiningrat ini, selidik punya selidik ternyata merupakan cucu Dr Wahidin Soedirohoesodo. Beliau salah satu penggagas organisasi Boedi Oetomo, organisasi kepemudaan nasionalis yang didirikan para siswa STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen) pada 20 Mei 1908.

4. Maia Estianty
Mantan istri musisi Ahmad Dhani ini adalah cicit dari Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto. Selain sebagai salah satu petinggi organisasi Sarekat Islam (SI), HOS Tjokroaminoto merupakan “Guru Bangsa” – guru yang menjadi para pemimpin Indonesia macam Ir Soekarno, Sema’oen, hingga Musso.

5. Nia (Iskandar) Dinata
Nia Dinata bukan hanya selebriti, tapi juga sutradara dan produser. Dari nama belakangnya saja, orang awam pasti bertanya-tanya, apakah ada hubungannya dengan tokoh negarawan Otto Iskandar Dinata (Otista) ? Well, ternyata benar ada bahwa Nia Dinata merupakan salah satu cucu Otista, salah satu anggota BPUPKI, PPKI, hingga sempat jadi menteri negara di kabinet pertama RI 1945.

loading...