Terobosan Baru Polri! Luncurkan E-Tilang, E-Samsat, dan SIM Online Besok

0

 

 

 

TERASBINTANG.com – Sebuah terobosan baru dari Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri). Besok, Kamis (15/12/2016) Korlantas Polri akan menerapkan sistem e-tilang, e-Samsat, dan SIM online.

 

Rencananya e-tilang, e-Samsat, dan SIM online akan diluncurkan secara serentak di seluruh Indonesia. Terkait penetapan besaran denda tilang, masing-masing daerah akan berbeda. Perumusan besaran denda tilang mengacu pada tingkat perekonomian masyarakat setempat. Dikutip dari website NTMC.

 

Sistem online ini, selain  bisa mengurangi jumlah pelanggar yang hadir di persidangan tilang juga  bisa mencegah praktik pungutan liar (pungli) serta mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran tilang. Karena pembayaran dapat dilakukan melalui bank.

 

Melalui e-tilang (tilang online), data pelanggar terkoneksi dengan kejaksaan dan pengadilan untuk menyidangkan atau menjatuhkan putusan denda (amar putusan). Pelanggaran dapat terkoneksi dengan sistem penerbitan SIM sehingga dapat diketahui pelanggaran-pelanggaran yang pernah dilakukan oleh pemohon penerbitan SIM.

 

Di samping itu, keuntungan dalam penggunaan aplikasi tilang online bisa diketahui secara transparan, akurat, dan cepat oleh pihak-pihak terkait. Di antaranya Polri, Kejaksaan, Mahkamah Agung, atau Pengadilan di setiap tingkatan, mulai dari kabupaten/kota, provinsi, hingga pusat. Rekapitulasi data penindakan tilang dapat diakses melalui Aplikasi Tilang Online dan website.

 

Untuk e-Samsat, nantinya masyarakat dapat membayar pajak tahunan secara online, tidak harus datang ke Kantor Samsat. Begitu pun dengan SIM online yang dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Jadi jika ingin memperpanjang SIM, pengemudi cukup mendatangi Satuan Administrasi Penerbit SIM (Satpas) di Polres setempat.

 

Sebagaimana diketahui, selama ini jika masyarakat yang SIM-nya dikeluarkan di daerah, mereka harus membuatnya kembali di daerah asal tempat pemilik membuat SIM. Kini dengan SIM online, warga cukup mendatangi Satpas di Polres terdekat. Nantinya, Satpas terdekatlah yang akan menerbitkan SIM. Jadi, hanya data saja yang akan masuk ke Satpas tempat warga membuat SIM.

 

loading...