Terobosan Korlantas Polri Ini Bikin Menteri Perhubungan Terkagum-kagum

0

TERASBINTANG.com – Salah satu terobosan yang dibuat Korps Lalu Lintas  (Korlantas) Polri membuat kagum Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Terobosan itu adalah penggunaan teknologi untuk layanan kepada publik seperti SIM daring (online).

“Waktu saya dapatkan SIM, usia saya 17 tahun, itu sangat tradisional, belakangan saya perpanjangan SIM bisa di mall, kagum dengan Korlantas,” kata Jonan di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Kamis (31/3/2016).

Tak hanya itu, Jonan tidak sungkan-sungkan mengaku kalah dengan Korlantas soal pemanfaatan teknologi untuk layanan berbasis massal. Saat ini, kata dia, kementeriannya masih terus berupaya agar bisa mengejar ketertinggalan itu.

“Perhubungan menurut saya tertinggal. Waktu pertama disini, banyak layanan massal nggak ada sistemnya,” jelasnya.

Salah contohnya, kata dia, balai pengujian milik Kemenhub  yang dari dulu tidak pernah diurus dengan maksimal. Dia meminta untuk segera dibenahi, bahkan jika perlu dimasukan dalam RAPBN 2016. Menurutnya, Kemenhub tidak bisa terus menerus meminjam Puspitek di Serpong, Tangerang Selatan.

“Menurut saya marka dan rambu jalan penting, tapi ini lebih penting, masa nggak punya sistem uji tipe (kendaraan). Ini, perubahan besar (VTA Online),” pungkasnya. (SUM)

KOMENTAR