Sebagai Tersangka, Ahok Akan Diperiksa Bareskrim Polri Hari Ini

0
Basuki Tjahaja Purnama

TERASBINTANG.com – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, hari ini. Ini adalah pemeriksaan perdana setelah Gubernur DKI Jakarta Non Aktif ini ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penodaan agama.

“Dia akan diperiksa sebagai tersangka oleh penyidik,” ujar Karo Penmas Mabes Polri, Kombes Rikwanto, saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (22/11/2016).

Jadwal pemeriksaan yang beredar di kalangan wartawan adalah sekitar pukul 08.00 WIB.

Menurut Rikwanto, pemeriksaan kali ini berbeda, penyidik akan meminta keterangan tambahan dari Ahok. “Tentu berbeda diperiksa sebagai saksi dan sebagai tersangka,” ucapnya.

Ahok ditetapkan sebagai tersangka karena diduga melakukan penistaan agama saat berbicara di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, 26 September 2016. Saat itu Ahok menyinggung soal Surat Al Maidah ayat 51.

Sejak tanggal 6 Oktober sampai 12 Oktober masyarakat kemudian melaporkan Ahok ke Bareskrim. Pada tanggal 15 November, polisi pun menetapkan Ahok sebagai tersangka.

Polisi menetapkan Ahok tersangka karena diduga melanggar Pasal 156 a KUHP juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-undang nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

KOMENTAR