Thank You Mr Trump, Jasmu Buatan Indonesia

0

AS, TERASBINTANG – Amerika boleh berkampanye, tapi penjahit Indonesia pula yang ambil untung. Ceritanya, Calon Presiden Partai Republik Donald J. Trump yang punya slogan kampanye “Make America Great Again” itu, selalu sesumbar akan membuat rakyat Amerika bekerja kembali alias ia akan membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Caranya, dengan mengembalikan produksi manufaktur ke dalam negeri Amerika.

Trump berjanji akan mengembalikan aneka produksi manufaktur ke Amerika, yang selama ini terbang ke Cina. Pendukungnya pun bertepuk tangan. Lapangan kerja memang isu yang paling sensitif dalam setiap kampanye Presiden Amerika Serikat.

Tapi kenyataannya, Trump yang suka tampil parlente dan mewah ini, sudah sering dikritik bahwa ia justru mempekerjakan para imigran dari Meksiko bukannya tenaga lokal. Banyak barang dan furnitur di kantornya juga berasal dari impor.

Sekarang, jas warna gelap yang sering dipakainya dalam kampanye itu, ternyata dibuat di Indonesia! Dilansir situs Buzzfeed, pada Rabu (24/8), rupanya toko online Amazon memiliki lisensi khusus untuk menjual jas itu. Dan jas replika Trump yang dipasangi rantai kecil di bagian leher dalam bertuliskan “Donald Trump” itu, di bawah keranya terdapat tulisan cukup mencolok, “Made in Indonesia”.

Harga jas replika ini dibanderol di Amazon senilai US$158,35 – 279,99, atau sekitar Rp2,1 – 3,7 juta. Baik dari pihak Amazon maupun tim kampanye Trump belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait produk ini.

Make America (and Indonesia) Great Again. Thank you Mr. Donald, eh Trump. (zz)

KOMENTAR