Tiba di Jakarta, Ini Oleh-oleh Jokowi dari Amerika untuk Rakyat Indonesia

0

TERASBINTANG.com –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Jakarta, hari ini Jumat (19/2/2016), dari kunjungan kenegaraannya ke Amerika Serikat (AS).

Di Amerika, Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AS-ASEAN, dan mengunjungi kantor-kantor perusahaan ekonomi digital terkemuka, seperti Google, Facebook, Twitter, dan Plug.

Tiba sekitar pukul 09.15 WIB di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jokowi disambut Wakil Presiden Jusuf Kalla dan beberapa menteri. Sebelum melanjutkan perjalanan ke Istana Negara, Jokowi terlebih dahulu mencerikatakan perjalanannya, juga hasil serta oleh-oleh yang didapatkannya dari Amerika untuk Indonesia.

Jokowi menuturkan, kunjungannya ke Facebook, Google, dan Plug and Play membawa hasil konkrit. Mereka memberikan oleh-oleh berupa komitmen untuk bekerja sama dengan Indonesia menciptakan dan mengembangkan ekonomi digital. Google bahkan berkomitmen memberikan pelatihan untuk 1.000 technopreneur hingga 2020.

“‎Dalam pembicaraan dengan Facebook, Google, Plug and Play, mereka telah berikan komitmen kerja sama pengembangan ekonomi digital,” kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Tak hanya itu, komitmen itu sudah menghasilkan rumusan yang siap dilaksanakan. Salah satunya, kata Jokowi, Google dalam waktu dekat akan memberikan pelatihan technopreuner kepada warga Indonesia.

“Tindaklanjutnya, yakni dengan Google akan dilaksanakan pelatihan technopreuner. Google komitmen pelatihan 1.000 technopreneur sampai 2020, dan juga perusahaan yang lain akan ditindaklanjuti seperti yang diberikan komitmen Google terhadap kita,” imbuhnya.

Tak hanya itu, kata Jokowo,  dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-US telah menekankan pesan perdamaian terkait upaya memerangi terorisme. Pesan perdamaian ini juga ditindaklanjuti dalam kunjungannya ke Silicon Valley.

“‎Kita ajak sosial media untuk menyebarkan nilai toleransi dan perdamaian. Mereka antusias membantu inisiatif kita yang kita namakan empowering leader of peace,” tutur dia.

“‎Menekankan pentingnya keberpihakan kita terhadap UMKM di era keterbukaan ekonomi, di era informasi digital. Hal ini tidak hanya disampaikan di KTT, tapi juga ditindaklanjuti dalam kunjungan,” imbuhnya. (SUM)

KOMENTAR