Tindak Lanjuti Instruksi Presiden, Polisi Lakukan Tes Urine dan Diumumkan Secara Terbuka

0

TERASBINTANG.com – Tak hanya memburu penggunaan narkoba di luar, institusi Polri juga terus berupaya untuk memasatikan bahwa di dalam dirinya sendiri juga bersih dari penggunaan narkoba. Hal itu, salah satunya dilakukan dengan mengadakan tes urine untuk anggota polisi, seperti dilakukan oleh Polda Papua.

Sebanyak 350 anggota polisi mengikuti tes urine di Markas Polda Papua, Kota Jayapura, Senin (14/3/2016). Upaya ini untuk mencegah terjadinya pemakaian narkoba di kalangan aparat kepolisian.

Pemeriksaan urine berlangsung dari pukul 08.00 sampai pukul 09.30 WIT. Tes urine diikuti Wakapolda Papua Brigadir Jenderal Albert Rudolf Rodja berserta seluruh perwira menengah.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Patrige Renwarin saat ditemui di Mapolda Papua, mengatakan, tes urine itu juga dilakukan karena ada instruksi Presiden Joko Widodo.

“Kegiatan ini dipimpin langsung Wakapolda Papua. Upaya ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden Joko Widodo karena maraknya penyalahgunaan narkotika di Indonesia,” kata Patrige.

Tak hanya itu, sebagai bentuk transparansi di tubuh Polri, tes urine itu akan diumumkan secara terbuka.  Pengumuman itu, kata dia, akan dilakukan oleh Bidokkes Polda Papua secara terbuka pada hari Selasa (15/3/2016).

“Apabila ada perwira atau anggota yang terbukti memakai narkoba, maka kami akan menyekolahkan kembali mereka di Sekolah Polisi Negara. Namun apabila ada anggota yang menjadi pemakai berat, maka diproses hukum dan menjalani sidang kode etik,” jelasnya. (SUM)

KOMENTAR

loading...