Tindak Tegas TKA China Ilegal, Bukti Pemerintah Serius Bekerja

0

TERASBINTANG.com — Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri tidak membantah adanya tenaga kerja ilegal di Indonesia. Pemerintah bekerja serius menyisir para pekerja asing ilegal dengan melakukan penangkapan dan kemungkinan akan mendeportasi mereka.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri melakukan sidak ke PT Hua Xing, yang beralamat di Jalan Narogong KM 20, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (28/12/2016). Hanif Dhakiri menemukan sekitar 19 TKA China yang diduga kuat ilegal ketika itu.

TKA asal China ilegal tersebut kemudian dibawa ke tahanan imigrasi. Jika benar melanggar aturan, mereka akan dipulangkan ke negara asalnya.

“Mereka yang terindikasi pelanggaran izin kerja, dibawa ke tahanan Imigrasi, untuk diperiksa oleh pengawas Ketenagakerjaan dan Imigrasi,” kata Hanif Dhakiri.

Hanif Dhakiri menyatakan, pihaknya akan menunggu hasil pemeriksaan oleh pengawas Ketenagakerjaan dan Imigrasi terlebih dahulu. Sanksi yang akan diberikan sesuai tingkat pelanggarannya.

Ditangkapnya belasan TKA asal China tersebut menunjukkan keseriusan pemerintah mengendalikan tenaga kerja asing di Indonesia.

PT Hua Xing diketahui memiliki karyawan sebanyak 38 Tenaga Kerja Asing asal China legal atau memiliki uzin tinggal dan izin kerja. Dari 38 TKA tersebut, 19 di antaranya diduga melanggar izin kerja. PT Hua Xing merupakan perusahaan yang bergerak di bidang peleburan baja.

loading...