Tips agar Rumah dan Kendaraan Aman dari Maling

0
Tips agar rumah aman pada saat ditinggal mudik

 

TERASBINTANG.com – Maraknya berita terkait kriminal di Pulomas menjadi pelajaran sendiri bagi pemilik rumah mewah dan mobil. Bagaimanapun, rumah harus aman dari orang-orang yang berniat jahat.

Jika di suatu malam, Anda mendengar suara, apalagi kegaduhan di dekat pagar rumah, atau bahkan sampai mati lampu maka harus lebih berhati-hati. Sebab, bisa jadi itu adalah orang yang sedang mencoba menyusup ke dalam rumah.

Tentunya, Anda tidak ingin bahwa orang itu adalahpencuri, perampok, pemerkosa dan pelaku kriminal lainnya.  Untuk menghindari hal ini ialah, letakkan kunci mobil di dekat bantal Anda. Lalu bunyikan alarmnya, sehingga mobil akan berbunyi sebagai tanda panik. Ia akan terus menyala hingga anda sendiri yg mematikan atau accu mobil habis.

Ini merupakan salah satu tips keamanan yang disebarakan oleh salah satu ketua RT. Pak RT ini memberikan imbauan kepada warganya agar apabila mendengar alarm mobil salah satu warga menyala dan tidak ber-henti, maka itu adalah tanda peringatan bahwa warga tersebut membutuhkan bantuan.

 

Alarm mobil ternyata adalah sebuah sistem keamanan yang tanpa kita sadari sudah kita miliki, tanpa perlu instalasi di rumah, tanpa memerlukan listrik rumah dan sulit dimatikan oleh siapapun.

Ketika alarm mobil dinyalakan dan terus berbunyi otomatis akan membangunkan tetangga, satpam kompleks, hansip dan orang-oranglain di lingkungan Anda, dan bahkan tidak jarang mereka akan keluar, mendatangi rumah Anda, jika mereka sadar anda dalam bahaya mereka dapat segera memberikan pertolongan atau menghubungi polisi.

 

Alarm mobil juga berguna untuk melindungi anda di tempat-tempat umum seperti tempat parkir misalnya. Selalu pegang kunci mobil di dalam saku saat Anda sedang berjalan menuju tempat parkir kendaraan. Ketika Anda merasa diikuti orang atau mengalami tindakan yang membutuhkan bantuan, upaya pemerkosaan dan pelecahan seksual, segara tekan tombol alarm mobil, maka orang-orang di sekitar akan terpancing perhatiannya.

Dalam kasus-kasus yang lebih spesifik, kunci mobil kadang dibawa oleh orangtua/lanjut usia. Untuk rumah-rumah berukuran besar, ketika mereka sedang berjalan-jalan di dalam rumah dan mengalami hal-hal yang berbahaya, seperti terjatuh, terkena serangan jantung, refleks mereka akan mengarah kepada menekan tombol alarm kunci mobil (mudah-mudahan masih sempat dilakukan) untuk meminta pertolongan orang rumah karna mungkin berteriak sudah tidak mampu lagi dilakukan.

Tips ini boleh dicoba bagi Anda secara pribadi atau dapat pula disosialisasikan di lingkungan Anda agar kita saling menjaga dan saling peduli dgn keselamatan sesama kita.

 

KOMENTAR

loading...
loading...