Ulama Kondang Dr. Syafiq: Jangan Sekali-kali Mencela Pemimpin

0

TERASBINTANG.com — Sosial media yang sangat bebas di Indonesia menjadi ajang untuk saling mencela dan menjelek-jelekkan. Banyak tokoh publik mulai dari kalangan motivator, artis, pemuka agama, sampai pemimpin, menjadi sasaran empuk untuk dicela. Orang juga banyak mencela di dunia nyata.

Dr. Syafiq, tokoh agama, dalam ceramahnya di salah satu kesempatan meminta jamaahnya untuk berhenti mencela pemimpin karena tidak dianjurkan dalam agama Islam.

“Bagaimana sikap kita melihat teman kita selalu mencela pemimpinnya ? Kata Al Barbaha’i dalam kita Syarhi Sunnah, idza roaita rajulan yasubbul hakim, fa’lam annahu sohibu hawa (kalau engkau melihat ada org yg mencela pemimpinnya, ketahuilah kalau dia itu pengikut hawa nafsunya),” kata Dr. Syafiq kepada para jamaahnya.

Dia menganjurkan masyarakat untuk mendoakan pemimpin supaya berubah dengan menjalankan roda kepemimpinan ke arah yang benar. Dengan mendoakan pemimpin, peluang Allah memberikan pintu hidayah kepada pemimpin terbuka lebar. Dan yang tak kalah penting, orang yang mendoakan mendapatkan pahala.

“Apa setiap engkau mencela pemimpinmu enkau dapat pahala? Kalau kau doakan pemimpinmu pahala gak? Dapat. Pertanyaan selanjutnya kalau engkau cela pemimpinmu, pemimpinmu berubah gak? Kalau kau doakan pemimpinmu dia bisa berubah gak? Bisa. Kenapa kau tidak doakan pemimpinmu,” katanya.

Dr. Syafiq kemudian mencontohkan sebuah doa untuk pemimpin. “Allahumma ya Allah, berilah pintu hidayah, misalnya, jagalah Bapak Jokowi dan Wakilnya Bapak Jusuf Kalla serta jajarannya. Jagalah mereka dari segala mara bahaya berikan petunjuk, berikan hidayahmu ya Allah semoga mereka bisa membawa negeri ini ke negeri baldatun thayyibatun warobbun ghafur,” ujarnya.

Pidato lengkap Dr. Syafiq bisa disimak melalui video berikut:

KOMENTAR