Waka Polda Pimpin Apel Pengamanan Malam Tahun Baru 2017 di Ancol

0
loading...

TERASBINTANG.com – Untuk memberikan rasa aman saat merayakan malam tahun baru, pihak Kepolisian, TNI dan unsur lainnya, menggelar apel pasukan pengamanan perayaan malam tahun baru di hal Parkir Ecovension Taman Impian Jaya Ancol Pademangan, Sabtu (31-12-2016).

Apel pasukan yang dipimpin langsung oleh Waka Polda Metro Jaya Brigadir Jenderal Polisi Drs. Suntana ini dihadiri 1.477 personil gabungan Polri, TNI, Satpol PP, Sudin Kesehatan, Dishub, PMI, Damkar, dan ORARI/RAPI.

Dalam arahannya, Waka Polda Metro Jaya, menyampaikan agar para personil yang terlibat dalam pengamanan perayaan pergantian tahun tersebut dilakukan dengan semangat dan iklas.

“Ucapan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita semua diberikan kesehatan hingga dapat melaksanakan tugas pengamanan ini dengan rasa semangat dan ikhlas,” ujar Waka Polda Metro Jaya, Sabtu (31-12-2016).

Waka Polda melanjutkan, dalam perayaan malam tahun baru ini, selain Ancol ada beberapa tempat hiburan di Jakarta yang menjadi fokus pengamanan pihak kepolisian seperti Taman Mini, Kota Tua dan lainnya yang penguncungnya ribuan orang.

“Diperkirakan akan ada lebih kurang 250 ribu pengunjung yang akan hadir ke Taman Impian.Jaya Ancol. Masyarakat akan berkumpul ditempat tempat hiburan, seperti ditepi pantai yang intinya mereka akan merayakan tahun malam tahun baru dan menyaksikan pesta kembang api,” ungkap Waka Polda.

Waka Polda melanjutkan, ribuan personil yang terlibat dalam pengmanan tersebut nantinya akan di tempatkan dilokasi-lokasi yang sudah ditentukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kemacetan, tindak pidana, dan anak hilang.

“Agar hal itu tidak terjadi, maka keberadaan anggota di titk titik yang sudah ditentukan, dan teman teman harus ada dilokasi penempatan tugas. Tidak boleh meninggalkan tempat tugas. Tingkatkan kepekaan dan dibagi tugas sedemikian rupa,” imbuh Waka Polda.

Kemudian Waka Polda juga mengimbau, agar disetiap persimpangan jalan harus ada petugas lalu lintas dan Dishub di tiga puluh titik lokasi rawan kemacetan, serta menyiapkan kendaraan-kenderaan taktis seperti ambulance, mobil kebakaran harus sudah siap guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Anggota yang bertugas pengamanan harus disiplin, harus senyum, sikap yang ramah, peka dan kuasai tempat penugasan, pahami peta kegiatan atau tempat lokasi hiburan. Di tempat musik atau panggung hiburan laksanakan tugas dengan sigap dan peka, dan selalu berkoordinasi. Dan sebelum acara dimulai berikan imbauan kamtibmas,” ujarnya.

Dalam perayaan pergantian tahun baru ini dijadwalkan Muspida akan hadir untuk bergabung di Ancol bersama-sama merayakan malam pergantiaan tahun tepatnya pukul 00.00 WIB.

loading...