Warning PBNU Untuk Inisiator Aksi 313: Jangan Catut Nama Ulama NU!

0
loading...

TERASBINTANG.com – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) secara tegas menolak terlibat dalam aksi 313 yang akan digelar pada Jumat (31/3/2017) besok. PBNU pun melarang warganya untuk ikut-ikutan dalam aksi yang dimotori Forum Umat Islam (FUI) itu. Sebab, aksi tersebut sarat dengan kepentingan politik.

“Ulama NU sudah punya sikap mengenai politik praktis, bahwa NU tidak terlibat dalam berbagai politik praktis termasuk dalam hal memilih. (Aksi) Ini kan hubungannya dengan kontestasi DKI,” kata Ketua PBNU Bidang Hukum Robikin Emhas di Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Robikin mengimbau penyelenggara aksi 313 untuk menimbang urgensinya. Sebab, hal yang menjadi tuntutan yakni kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), tengah dalam proses peradilan. Ia berpendapat, tekanan massa ini dapat menjadi intervensi bagi hakim yang menyidangkan kasus Ahok sehingga berpotensi tidak independen.

Selain melarang warga dan tokoh NU ikut dalam demo, Robikin juga mengimbau penyelenggara untuk tidak mencatut nama ulama NU.

“Ada pihak-pihak lain yang seringkali mencatut nama ulama. Semalam juga saya melihat Muhammadiyah melalui Sekjennya berpesan jangan sampai penyelenggara aksi mencantumkan nama Muhammadiyah. Sama, kami juga mengingatkan jangan sampai NU dibawa-bawa,” jelasnya.

Robikin melanjutkan, tugas NU sebagai organisasi masyarakat berbasis Islam hanya boleh mengawal politik kebangsaan, bukan politik praktis.

“NU secara organisasi tidak boleh terlibat, kita hanya boleh mengawal politik kebangsaan. Urusan politik praktis serahkan ke partai politik, silakan,” pungkasnya.

loading...