Waspadalah, Jangan Konsumsi Cabai Busuk!

0

TERASBINTANG.com – Di Indonesia kini harga cabai melambung tingg. Akibatnya, banyak penjual yang berbuat curang dengan menjual cabai busuk. Padahal dari sisi kesehatan, ada sederet bahaya yang dihasilkan bila Anda tetap mengonsumsinya meskipun sudah diolah lebih dulu.

Adapun kategori cabai busuk ditandai dengan bentuk cabai yang layu, muncul warna putih atau parasit di bagian cabai, cabai mulai menghitam, dan beberapa tanda lain yang mudah dikenali. Tentu tanda-tanda busuk itu sudah mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh.

Para ahli mengatakan, cabai busuk mengandung zat penicillium yang mengurangi kadar air dalam cabai. Sehingga, cabai tampak kusut dan tidak boleh dikonsumsi lagi.

Perwakilan dari Departemen Pertanian AS menyebutkan, tanaman, buah-buahan, sayuran, termasuk cabai atau tomat yang busuk mengandung racun berbahaya. Jika terus dikonsumsi menyebabkan kanker hati karena mengandung aflatoksin.

Maka setidaknya, Anda tidak memaksa diri untuk makan cabai yang sudah tampak layu. Sebagai pengganti, mungkin Anda dapat makan saus cabai yang sudah diproses aman oleh industri pangan.

Sebelum mengarah ke risiko kanker hati, sistem pencernaan Anda dapat terinfeksi jamur. Maka, Anda harus menghindarinya daripada harus menerima risiko itu. Demikian dilansir Theguardian, Minggu (8/1/2017).

KOMENTAR

loading...
loading...