Yenny Wahid: Jihad Itu Perangi Korupsi, Kebodohan, Narkoba

0

TERASBINTANG.com – Direktur Eksekutif Wahid Foundation Zannuba Ariffah Chafsoh menyoroti aksi demo Bela Islam bekangan ini. Menurutnya, apa yang terjadi di ibu kota akhir-akhir ini adalah bukti betapa radikalisme agama semakin mengancam persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa majemuk.

“Masyarakat jangan mudah terpengaruh paham radikal terorisme. Kita harus selalu ingat bahwa kita harus terus memperkokoh persatuan, mengedepankan kepentingan bangsa. Selalu berpegang terhadap ajaran agama yang mengedepankan sikap lemah lembut dan saling mengayomi dan saling mengasihi,” ujar Yenny di Jakarta, Selasa (29/11).

Di samping itu, putri Presiden Abdurrahman Wahid ini juga meminta agar umat Islam mengenalkan Islam yang rahmat bagi semesta. Sehingga, jihad harus diperlebar makna dan cakupannya.

“Kalau mau berdakwah ya berdakwahlah yang baik, mau berjihad ya jihadnya itu perangi korupsi, perangi kebodohan, perangi narkoba. Tidak perlu pergi ke Suriah, karena itu kejahatan-kejahatan yang jauh lebih riil dan lebih sadis yang harus kita atasi bersama,” tutur Yenny.

Yenny juga mengimbau masyarakat untuk saling menjaga kerukunan antarsesama umat beragama dan menjaga keanekaragaman budaya yang sudah dimiliki bangsa Indonesia sejak dahulu kala.

“Kita harus selalu ingat bahwa yang namanya konflik SARA itu sangat mudah dan berpotensi untuk memicu konflik di Indonesia. Jadi kita mengimbau kepada masyarakat jangan mudah terpancing isu SARA. Selalu kedepankan sikap kritis. Kalau melihat informasi difilter dulu apakah benar dengan apa yang dikatakan atau ajakan itu.”

KOMENTAR