Zakir Naik: Jihad Itu Berjuang untuk Masyarakat Lebih Baik

0
loading...

 

TERASBINTANG – Ulama asal India, Zakir Naik, meminta umat Islam untuk jernih dalam menggunakan konsep jihad. Kalau tidak jernih, bisa saja konsep mulia nan agung berubah jadi slogan-slogan rendah.

Menurutnya, jihad bukan ajaran untuk membunuh. Dengan alasan apapun, membunuh tidak dibenarkan. Islam agama damai. Membunuh satu manusia, dalam Islam, sama artinya dengan membunuh semua manusia.

“Jihad adalah berjuang. Dalam konteks Islam artinya berjuang terhadap diri sendiri. Jihad juga untuk membuat masyarakat lebih baik. Jihad untuk bela diri. Jihad juga berjuang terhadap penindasan,” kata Zakir saat menemui Ketua MPR Zulkifli Hasan, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (31/3).

“Islam jelas-jelas di dalam Quran, apabila orang yang membunuh manusia lainnya, apakah korupsi atau apapun, artinya kita telah membunuh seluruh umat lain,” imbuhnya.

Karena itu, kata dia, Islam adalah agama toleran. Islam, kata dia, sangat menjunjung kemanusian. Ajaran yang menempatkan kemanusiaan di tempat tinggi, kata dia, pasti mengajarkan sikap saling menghormati antara satu dengan lainnya.

“Islam toleran untuk kemanusiaan dan menyatukan umat manusia untuk kedamaian. Islam tak toleran kepada orang yang ingin menghancurkan kedamaian,” ujar Zakir. (SUM)

loading...